Tingkatkan Kualitas Pamong Saka Melalui KMD

Sebagai upaya meningkatkan kualitas pembinaan anggota Satuan Karya (Saka) Bhayangkara di lingkup Kabupaten Purbalingga, Polres Purbalingga bekerjasama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purbalingga menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi pamong saka Bhayangkara yang dilaksanakan selama satu minggu mulai dimulai tanggal 16 – 22 April 2018 di lingkungan Sanggar Bhakti Pramuka Purbalingga.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang dari masing-masing Polsek Se-Purbalingga. Selain dari polsek, KMD juga diikuti oleh pamong saka dari Polres Purbalingga.

“Seiring perkembangan zaman, peran anggota Saka Bhayangkara sangatlah dibutuhkan untuk bersama sama membangun negeri. Maka dengan diadakannya KMD ini, diharapkan bisa muncul pamong saka yang handal, berkualitas dan berkarakter baik agar mampu membina dan menghasilkan kader-kader anggota Saka Bhayangkara yang berkompeten dan bermanfaat bagi masyarakat luas” Ungkap Kapolres Purbalingga AKBP Nugroho Agus Setiawan, SIK, SH saat membuka acara.

Ketua Kwarcab Purbalingga melalui Ketua Pusdiklatcab Hartoyo, BA menyampaikan bahwa untuk memenuhi harapan Kapolres Purbalingga, Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) memberikan materi-materi dasar guna membekali pamong saka bhayangkara. Diantaranya materi tentang UU No 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, penjabaran AD ART Gerakan Pramuka, cara membina dan sistem among, mencipatakn kegaitan menarik menantang dan mendidik, Pendidikan dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan,Scouting Skill,mengelola satuan Pramuka, Peran tugas dan tanggung jawab pembina, dan materi kepramukaan lainnya.

Sementara itu pimpinan Kursus Anto Kuswoyo menjelaskan bahwa bukan sekedar materi ruangan yang diberikan, tapi peserta juga diajak untuk belajar sambil melakukan. “Selama Kursus, peserta mengikuti pembelajaran secara indoor dan outdoor. Mereka langsung mempraktekan materi yang didapatkan. Supaya lebih meresapi, peserta juga mensimulasikan beberapa materi yang dipelajari dengan prinsip dari untuk dan oleh mereka.” Jelas Anto Kuswoyo yang juga Pelatih Pramuka ditengah tengah kegiatan.

KMD bagi pamong Saka Bhayangkara direncanakan akan dilaksanakan secara rutin agar semakin banyak bermunculan pamong saka atau pembina yang memang memiliki jiwa kepramukaan, jiwa membina dan kepedulian untuk membangun generasi muda yang lebih baik. Selama kegiatan, peserta didampingi oleh tim Pelatih Pramuka dari Pusat Pendidikan dan Pelataihan Kwarcab (Pusdiklatcab) Purbalingga.

Ginanjar Noviono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pelatih Pramuka Purbalingga Mengikuti Penyegaran Materi

Tue Jun 26 , 2018
Puluhan pelatih pramuka di Kabupaten Purbalingga antusias mengikuti pitaran pelatih, Senin 01 Mei 2018 di Sanggar Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga. Kegiatan tersebut digelar untuk penyegaran materi kepramukaan dan meningkatkan skil pelatih pramuka dari berbagai tingkatan. Sejumlah pemateri handal dihadirkan dalam kegiatan itu. Mereka adalah Kakwarcab Purbalingga, Trisnanto Srihutomo, Waka Organisasi […]