SD Negeri 1 Losari Sukses Gelar Musyawarah Gugus Depan

SD Negeri 1 Losari sukses menyelenggarakan Musyawarah Gugus Depan (Mugus). Kegiatan yang diikuti oleh orang tua/ wali peserta didik, pengurus komite, dan dewan guru SD Negeri 1 Losari tetap menaati protokol kesehatan pencegahan virus Covid-19.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan  Anggota Dewasa (Binawasa), Kak HM. Anar Wahyono menuturkan, Mugus merupakan wadah yang sangat strategis untuk mengevaluasi dan untuk memprogramkan kedepan kurang lebih selama 2 tahun.

“Mugus merupakan pemegang kekuasaan tertinggi di setiap Gugusdepan Gerakan Pramuka,” ungkapnya seperti dikutip dari laman rembang.pramukapurbalingga.id, Kamis (15 April 2021)

Motor pembangunan

Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Rembang, Kak Ngakib menambahkan, Kwarran Rembang mendukung Mugus Gerakan Pramuka yang berpangkalan di SD Negeri 1 Losari. Pasalnya, wadah keperamukaan disatuan pendidikan sangat diharapkan dapat membentuk generasi muda yang selalu siap dan sedia.

“Gerakan Pramuka menjadi motor pembangunan pada era moderenisasi saat ini dan sebagai penerus tongkat estafet dan kelajuan tugas demi meningkatkan serta memperluas segala hasil usaha pelaksana Gugusdepan.Kegiatan keperamukaan di satuan pendidikan dapat membentuk generasi muda siap sedia,” ungkapnya

Mugus lanjut Kak Ngakib, menekankan pentingnya mengaktifkan kegiatan kepramukaan di setiap Gudep. Karena Gudep adalah satuan pendidikan dan satuan organisasi terdepan yang diberi kewenangan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.

“Diharapkan kegiatan Pramuka di Gudep SDN 1 Losari semakin maju, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Dan dapat mengantarkan bibit-bibit juara di kancah Pramuka.” katanya

Ka Mabigus SD Negeri 1 Losari, Kak Sumenti menyampaikan bahwa Gugus yang berpangkalan di SD Negeri 1 Losari pada hari ini akan melaksanakan pemilihan pengurus Gugus Depan periode 2020/2023 dengan tujuan utama mengaktifkan regulasi Pramuka Siaga dan Penggalang bukan sekedar latihan rutin.

“Kegiatan hari ini juga akan merancang program kerja Gugus Depan periode kepengurusan 2020/2023,” ungkapnya

Setelah Kak Mabigus di lantik oleh Ka Kwarran Rembang. Selanjutnya Ka Mabigus melantik Kak Rizal Arifin sebagai Ketua Gudep Putra, Kak Beta Arum DKR sebagai Ketua Gudep Putri

Visi dan Misi

Untuk diketahui, mengacu pada Lampiran III Meneteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 81a Tahun 2013. Tentang implementasi kurikulum, berkaitan dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu adanya Visi Misi Kegiatan Ekstrakurikuler. Adapun Visi Misi Pramuka SD Negeri 1 Losari adalah sebagai berikut :

Visi

Pengembangan Potensi Bakat, Minat Serta Mental dan Moral yang Berlandaskan IMTAQ dan IPTEK

Misi

Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan pengembangan potensi, bakat dan Minat.

Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap, mental dan moral yang berkarakter

Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi

Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi kepada pengembangan pola pikir dan nalar serta ketrampilan

 

Mahendra Yudhi Krisnha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kwarcab Purbalingga Bentuk Pramuka Peduli di Kwarran

Thu Apr 15 , 2021
Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga memberikan Sosialisasi Pembentukan Satuan Tugas Pramuka Peduli (Satgas Pramuli) untuk pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Ketua Kwarcab Purbalingga, Kak Subeno menuturkan, Pramuka Peduli di Kwarcab Purbalingga dalam 3 bulan terakhir telah melaksanakan kegaiatan sebanyak empat kali lipat daripada tahun lalu. “Kalau biasanya kegiatan Pramuka […]