Satgas Pramuli Kwarran Karangjambu Terbentuk

Anggota Pramuka wajib menumbuhkembangkan kesetiakawanan sosial. Selain itu, anggota Pramuka harus mau dan mampu mengembangkan potensi, baik sebagai pribadi, dan anggota masyarakat.

“Anggota Pramuka harus tetap semangat terus menumbuhkan jiwa pramuka dan siap sedia,” ungkap Ketua Pelatihan Dasar, Kak Shoibul usai Pelatihan Dasar (Ditsar) Pramuka Peduli (Pramuli) di aula SD Negeri 1 Karangjambu, Sabtu (20 Februari 2021).

Kak Shoibul yang juga Ketua Dewan Kerja Ranting (DKR) Pramuka Penegak dan Pandega Kecamatan Karangjambu, menambahkan, sebanyak 12 orang anggota Pramuli mengikuti pelatihan dasar yang bertujuan . meningkatkan kapasitas anggota Pramuli dalam bentuk aksi kegiatan bakti Pramuka bersama-sama masyarakat, pemerintah, serta Lembaga Swadaya dan Organisasi Masyarakat lainnya.

“Kita berharap Pramuli mampu membantu meringankan beban penderitaan masyarakat apabila terjadi musibah. Karena Kecamatan Karangjambu memliki potensi kebencanaan sangat tinggi. Dan tak kalah pentingnya adalah peduli dengan sesama dan lingkungan penanggulangan bencana,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan, Ketua Satgas Pramuli Kwarcab Purbalingga Kak Wahyu Ekonanto yang diwakili oleh Ketua Sub Rescue Bidang Penanggulangan Bencana Kak Arif Primandani dan Ketua SRC Bidang Kemanusiaan Kak Galih Janu Wardana.

Ketua Sub Rescue Bidang Penanggulangan Bencana,  Kak Arif Primandani mengapresiasi diselenggarakan Ditsar. Diharapkan pada saat terjadi bencana, para anggota Pramuli tetap mengutamakan keselamatan diri sendiri sebelum menolong

“Tentunya harus sesuai dengan standar operasional procedur (SOP) yang ada, serta selalu melakukan koordinasi kepada instansi-instansi terkait seperti BPBD, PMI dan Tim SAR lainya,” ungkapnya

 

 

 

Ginanjar Noviono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Hari Baden-Powell. Kwarcab Purbalingga Gelar Prolingsih

Sat Feb 20 , 2021
Bidang Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan Hidup (Abdimas dan LH)  Kwarcab Purbalingga  menyelenggarakan kegiatan Program Lingkungan Bersih (Prolingsih). Ketua Bidang Abdimas dan LH melalui Sekretaris Bidang, Kak Purnomo mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka Hari Baden-Powell yang diperingati setiap tanggal 22 Februari. Kegiatan ini sekaligus tindak lanjut petunjuk Ketua Kwarda Jawa Tengah dalam […]