Kwarcab Purbalingga Bentuk Pramuka Peduli di Kwarran

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga memberikan Sosialisasi Pembentukan Satuan Tugas Pramuka Peduli (Satgas Pramuli) untuk pengurus Kwartir Ranting (Kwarran)

Ketua Kwarcab Purbalingga, Kak Subeno menuturkan, Pramuka Peduli di Kwarcab Purbalingga dalam 3 bulan terakhir telah melaksanakan kegaiatan sebanyak empat kali lipat daripada tahun lalu.

“Kalau biasanya kegiatan Pramuka bentuknya perkemahan. Manfaatnya untuk diri sendiri. Tapi Pramuli memberikan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat,” ungkapnya di Sanggar Bakti Pramuka, Jumat, (16 April 2021).

Kak Subeno menambahkan, Pramuli melatih kepedulian Pramuka baik Anggota Muda maupun Anggota Dewasa kepada peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitarnya. Kepedulian ini bukan hanya pada saat awal peristiwa, tetapi sampai akhir.

“Seperti yang baru-baru ini terjadi di Tumanggal, Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga, pada peristiwa Bencana Tanah Bergerak. Pramuka Peduli hadir melaksanakan pembuatan Dapur Umum, MCK, Pembuatan Hunian Sementara (Huntara) hingga penanganan psikhis para ibu dan anak-anak,” ungkapnya.

Sekretaris Bidang Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan Hidup, Kak Purnomo menambahkan, belajar dari pengalaman yang ada, maka Kwarcab Purbalingga, pada Tahun 2021 ini berupaya mendorong agar Pramuli dapat muncul di tingkat Kwarran dengan legalitas yang sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaannya.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan agar Kwarran dapat merespon hajatan besar Kwarcab Kabupaten Purbalingga untuk memperluas kebermanfaatan Pramuka bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Melalui kegiatan sosialisasi ini lanjut Kak Purnomo, diharapkan Program Pramuli akan berjalan lebih maksimal sesuai SK Kwarda Nomor 127 Tahun 2019. Adapun unsur-unsur yang terlibat dalam Kepengurusan Pramuka Peduli ini adalah Anggota Dewasa yang terdiri dari Pimpinan, Andalan, Staf Kwartir, Pimpinan SAKA, dan unsur lain yang memiliki kepedulian dalam masyarakat.

“Sementara Anggota Muda yang dapat bergabung minimal adalah Penegak yang terdiri Dari Dewan Kerja serta Pramuka Penegak Pandega, yang akan menjadi Satuan Reaksi Cepat (SRC) Pramuka Peduli Kwartir,” ungkapnya.

Sedangkan Kepengurusan Satgas imbuhnya, meliputi Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, Bidang Penanggulangan Bencana, Bidang Kemanusiaan, Bidang Lingkungan Hidup, serta Satuan Reaksi Cepat (SRC).

“Dengan ini, Kwarran diharapkan untuk segera membentuk Kepengurusan Satuan Tugas Pramuka Peduli dan menyerahkan Susunan Pengurus dan Program Kerja Tahun 2021-2022 kepada Kwartir Cabang Kabupaten Purbalingga pada Awal Mei ini,” ungkapnya.

 

 

 

Mahendra Yudhi Krisnha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Wow Keren, Pramuli Kwarcab Purbalingga Bergegas Lakukan Pencegahan Saat Desa Kertanegara Diserang Chikungunya

Tue Apr 20 , 2021
Wabah chikungunya menyerang warga Desa Kertanegara, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga. Puskesmas Karangtengah mencatat ada sekira 65 orang terjangkit. Puluhan warga tersebut tersebar di Kadus 3, RT 4 dan RT 5, Kadus  4 di RT 2, Kadus 5 di RT 1 dan RT 2. “Nyamuk Aedes albopictus ini menyerang silih berganti. […]