Hari Baden-Powell. Kwarcab Purbalingga Gelar Prokasih

Sebanyak 20 orang anggota Pramuka Kwarcab Purbalingga menyelenggarakan kegiatan Program Kali  Bersih (Prokasih). Kegiatan ini dalam rangka Hari Baden-Powell yang diperingati setiap tanggal 22 Februari.

Hal  ini sekaligus tindak lanjut petunjuk Ketua Kwarda Jawa Tengah dalam surat Nomor 107/11-Q tanggal 15 Februari 2021tentang Edaran Kegiatan Peringatan Baden Powell Day, Hari Tunas dan Hari Bapak Pramuka 2021.

“Kita terjunkan 20 orang anggota Pramuka dari,  Pramuli , Ubaloka, Pasperda,  DKC,  DKR,  Saka, dan  Unit Jurnalistik. Tadi kita membersihkan Sungai Gemuruh dan drainase sekitar lapangan depan Sanggar Bhakti Kwarcab Purbalingga,” ungkap Sekretaris Bidang Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan Hidup (Abdimas dan LH)  Kwarcab Purbalingga , Kak Purnomo usai kegiatan, Sabtu (20 Februari 2021)

Ia menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini, tercapainya kualitas air sungai yang baik, sehingga dapat meningkatkan fungsi sungai dalam menunjang pembangunan yang berkelanjutan

“Kegiatan Prokasih ini sekaligus mendorong kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dalam pengendalaian pencemaran air,” ungkapnya.

Ia menambahkan, melalui momentum peringatan Hari Baden-Powell, banyak teladan yang dapat diperoleh untuk meningkatkan eksistesti Gerakan Pramuka. Slogan yang digagas Baden-Powell melalui World Organization of the Scout Movement (WOSM) sangat luar biasa.

“Scouts, ceating a better world yang artinya Pramuka menciptakan dunia yang lebih baik. Ini teladan yang sangat luar biasa. Sebuah semboyan yang harus diterapkan dalam kehidupan,” katanya.

Ia menjelaskan, Baden-Powell adalah sosok yang sangat disiplin dan patuh pada janji  dan memiliki peran penting dalam perkembangan kepramukaan di dunia.

“Sebagai anggota pramuka, sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk selalu bergerak memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik,” ungkapnya

 

 

 

Ginanjar Noviono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Nanda Pramuka Siaga, Yuk Bersiap Ikut Pesta Siaga Cabang Virtual 2021

Thu Mar 4 , 2021
Nanda Pramuka Siaga di Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga diminta untuk bersiap mengikuti  Pesta Siaga Cabang 2021. Kegiatan yang akan dilaksanakan secara virtual ini bakal digelar, Sabtu (3 April 2021). Ketua Kwarcab Purbalingga, Kak Subeno melalui Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Kak Kusno mengungkapkan, kegiatan Pesta Siaga Cabang bertujuan […]