Mengawali Tahun 2021, Lima Pramuka Penggalang Garuda Kwarcab Purbalingga Dilantik

Pendidikan Kepramukaan melalui ekstrakurikuler satuan pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kompetensi, nilai-nilai dan keterampilan peserta didik yang sejalan dan sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan ini memiliki fungsi pengembangan yakni untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan minat, pengembangan potensi, dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan.

Hal itu dikatakan Waka Bidang Binamuda Kak Sutarko mewakili Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga Kak Subeno dalam acara pelantikan Pramuka Penggalang Garuda di Sanggar Bakti Pramuka, Senin (4 Januari 2020).

“Sesuai dengan Dasa Darma yang kesepuluh, yakni suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Diharapkan semua anggota Pramuka dapat mengamalkan dengan membatasi diri untuk berperilaku yang tidak baik dengan mengisi waktu luang untuk kegiatan yang positif dan selalu berperilaku yang baik dan akhlak mulia,” katanya

Ia menambahkan, Pramuka Garuda merupakan predikat untuk anggota muda Gerakan Pramuka yang telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi pada masing-masing jenjang Pendidikan Kepramukaan, baik itu Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega tentunya.

“Hari ini, Adik-adik dari SMP Negeri 5 Purbalingga dilantik menjadi Pramuka Penggalang Garuda. Adik-adik ini menjadi Pramuka tertinggi di golongannya. Diharapkan, Adik-adik terlantik dapat menjadi contoh berperilaku yang baik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, apresiasi yang tinggi diberikan kepada Gugus Depan SMP Negeri 5 Purbalingga. Prestasi yang gemilang agar dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan.

“Mengawali tahun 2021, Kwarcab Purbalingga mengeluarkan Surat Keputusan (SK) nomer satu dan ditanda tangani oleh Ketua Kwarcab. Ini SK pertama di tahun 2021 dan tanda tangan Ketua Kwarcab yang pertama di tahun 2021. Terima kasih juga disampaikan kepada Ka Mabigus atas peran aktif serta bimbingannya,” tutur Kak Sutarko

Berdasarkan SK Ketua Kwarcab Purbalingga nomor: 01 tahun 2021 tanggal 2 Januari 2021, tentang penetapan Pramuka Penggalang Garuda Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga melantik lima anggota Pramuka Penggalang Garuda baru, yakni Cindy Apriani, Husni Khumairoh, Deva Risqi, Retno Ayu Anjani dan Wisnu Henry Sasongko.

Dalam upacara pelantikan tetap diterapkan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan penyeberan Covid 19, yakni selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

 

 

 

yudhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sebulan Mengabdi di Pengungsian. Pramuli Purbalingga Kembali ke Sanggar Pramuka

Mon Jan 4 , 2021
Setelah sebulan melaksanakan pengabadian kepada masyarakat di lokasi bencana alam tanah bergerak Dusun Pagersari, Desa Tumanggal Kecamatan Pengadengan, Pramuka Peduli (Pramuli) Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga kembali ke Sanggar Bakti Pramuka. Koordinator lapangan, Kak Edi Susanto mengungkapkan, Pramuli dan Taruna Siaga Bencana menjadi relawan yang kembali ke pangkalan dan markasnya, setelah […]