Purbalingga Dikepung Bencana, Kwarcab Purbalingga Resmi Dirikan Posko Pramuli Siaga Tanggap Bencana di Desa Sidanegara

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga resmi mendirikan Pos Koordinasi (Posko) siaga tanggap bencana di Desa Sidanegara Kecamatan Kaligondang.

Posko ini nantinya akan berfungsi sebagai pusat koordinasi dan konsolidasi penanganan  darurat bencana  untuk mengoordinasikan, mengendalikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan penanganan darurat bencana.

“Kita fungsikan Posko Pramuka Peduli Bencana. Lokasinya di SD Negeri 1 Sidanegara. Kita pilih lokasi ini karena paling aman dari kemungkinan bahaya bencana yang diperkirakan akan terjadi,” ungkap Kepala Posko, Sutarko yang juga merupakan Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda (Bina Muda) Kwarcab Purbalingga, Selasa (15 Desember 2020).

Ia merinci, posko ini mudah di jangkau oleh kendaraan, baik sepeda motor atau mobil.  Tersedia fasilitas standard posko  diantaranya ada fasilitas ruang yang cukup luas untuk tempat koordinasi dan rapat, aliran listrik sebagai penerangan dan tenaga penggerak alat komunikasi, ada fasilitas kamar mandi.

“Kita juga menyiapkan dapur umum untuk para pengungsi dan petugas . Kendaraan siaga yang sewaktu – waktu dapat digunakan untuk berbagai kegiatan telah kami siapkan,” ungkapnya.

Andalan Cabang Urusan Humas, Mahendra Yudhi Krisnha menambahkan,  sesuai petunjuk Ketua Kwarcab Purbalingga, pihaknya telah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melaksanakan pengabdian saat bencana. Seluruh pengurus beserta Andalan Cabang, Pramuka Peduli, Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka),  Satuan  Karya (Saka), Dewan Kerja Cabang (DKC), Unit Perwarta Pramuka dan seluruh Pembina Pramuka.

“Semua personil siap bergerak melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Sama seperti dulu, kami mengirimkan personil saat bencana banjir, di Kecamatan Kemangkon dan juga bencana tanah bergerak di Desa Tumanggal,’ ungkapnya

Ia menambahkan, posko ini juga dilengkapi fasilitas administrasi, publikasi data, peta wilayah rawan bencana daerah,  peta topografi atau peta rupa bumi dan daftar instansi, lembaga, dinas dan organisasi terkait

“Ada perangkat komunikasi, berupa telepon,  radio komunikasi beserta kelengkapannya. Nantinya bisa digunakan sebagai sumber informasi tambahan. Harapannya, semua masyarakat dapat menfaatkan informasi yang bersumber dari Kwarcab Purbalingga,” imbuhnya  

Ia menambahkan, untuk masyarakat yang ingin membantu beban penderitaan para korban bencana. Pramuka Peduli Kwarcab Purbalingga juga menyediakan nomer rekening untuk menyalurkan donasi berupa uang.

“Silakan dikirim melalui rekening 3-027 30816-2 Bank Jateng Cabang Purbalingga, atas nama Pramuka Peduli Kwarcab Pbg. Bantuan Anda pasti akan disalurkan untuk meringankan beban korban bencana,” ungkapnya

Untuk diketahui, dari data Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga menyebutkan, bencana tanah gerak dan tanah longsor terjadi Sabtu, (12 Desember 2020) di Dusun 2 RT 01 RW 03, Desa Sidanegara, Kaligondang . Tanah gerak ini terjadi karena hujan deras yang terus mengguyur Purbalingga. Terdapat 22 rumah penduduk teridiri dari  26 Kepala Keluarga dan 82 jiwa.

Total warga yang mengungsi ada sekitar 82 jiwa di beberapa rumah warga yang lebih aman. Awalnya yang terdampak sejumlah 17 rumah, namun perhari ini ada penambahan sekitar 5 rumah sehingga total rumah yang terdampak ada 22 rumah. 1 Masjid juga terdampak,  akses gang kecil juga terputus.

 

 

ginanjar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Saka Wira Kartika Purbalingga, Pekalongan dan Pemalang Ikut Pembinaan Tingkat Korem 071/Wijayakusuma

Thu Dec 17 , 2020
Anggota Pramuka Satuan Karya (Saka) Wira Kartika Kodim 0702/Purbalingga, Kodim 0710/Pekalongan dan Kodim 0711/Pemalang mengikuti Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Tingkat Korem 071/Wijayakusuma Tahun 2020, di Bumi Perkemahan Munjulluhur Purbalingga Mabi Saka Wira Kartika Korem 071/ Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin menuturkan, pembinaan Pramuka mengait era globalisasi saat ini […]