Ketua Kwarcab Purbalingga Melantik 94 Orang Pramuka Garuda

Bertepatan Hari Pahlawan 10 November 2020, 94 orang Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dilantik menjadi Pramuka Garuda, di Sanggar Bakti Pramuka Purbalingga. Mereka berbaris rapi mengenakan masker dengan menjaga jarak aman dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Keren, Asyraaf Pramuka Siaga Kwarcab Purbalingga, Raih Juara 1 Pramuka Garuda Berprestasi Tingkat Kwarda Jawa Tengah 2020

 

Baca Juga: Pengurus Antar Waktu DKR Bobotsari Kwarcab Purbalingga Dilantik

“Sebelum saya melantik adik-adik dan nanda semua, ijinkanlah saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut dan jawablah pertanyaan yang saya ajukan dengan tegas dan didasari hati tulus ikhlas. Pramuka garuda merupakan tingkatan tertinggi disetiap golongan, pramuka garuda senantiasa diharapkan bisa menjadi tauladan kebaikan ditengah tengah masyarakat. Bersediakah adik-adik dan nanda semua menjadi pramuka garuda?,” kata Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga, Kak Subeno bertanya kepada para peserta.

“Bersedia!,” kata mereka serentak

Baca Juga: Kwarcab Purbalingga Gelar Pelatihan Website

Baca Juga: Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah Gelar Pelatihan Protokol dan Kehumasan Daring

Usai menyematkan tanda Pramuka Garuda kepada masing-masing peserta. Kak Subeno menuturkan, penghargaan ini merupakan predikat tertinggi golongan untuk setiap golongan

Baca Juga: Kwaran Kalimanah Purbalingga Gelar Kursus Orientasi Singkat Mabigus dan Mabisa

Baca Juga: Ini Pesan Ketua Mabi Saka Wira Kartika Kodim 0702/Purbalingga Kak Letkol Inf Decky Zulhas di Hari Jadi ke 13 Saka Wira Kartika

“Pramuka Garuda adalah Pramuka yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan Pramuka biasa. Ibarat PNS kalian sudah Eselon IV, Ibarat Polisi dan TNI kalian sudah berpangkat Jenderal untuk setiap golongan,” tutur Kak Subeno.

Baca Juga: Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga Berikan Masker Gratis dalam Aksi Serentak Pramuka Jateng Berbagi Masker

Baca Juga: Pertama di Jawa Tengah, Wartawan Purbalingga Memakai Seragam Pramuka di Puncak Acara HUT Ke 59 Pramuka

Karena Pramuka Garuda ini beda dengan Pramuka biasa lanjut Kak Subeno, kalian memiliki kelebihan dibanding dengan yang lain, untuk itu kelebihan ini harus dipertahankan, dan tetaplah menjadi Pramuka sampai kapanpun. Keunggulan anggota Pramuka Garuda ada pada tiga kata, yakni setia, siap dan sedia. Tiga kata ini, harus menjadi kata kunci dalam bersikap dalam kehidupan sehari-hari.

“Setia artinya harus selalu setia kepada agama, bangsa dan negara. Siap, artinya harus siap berbuat kebaikan untuk sesama. Sedangkan sedia, Pramuka Garuda harus senantiasa bersedia untuk membantu sesama kapanpun dibutuhkan. Setelah ini, Pramuka Garuda diharapkan dapar menjadi teladan di sekolah maupun lingkungan masyarakat,” pesan Kak Subeno.

Sekretaris Bidang Humas dan Protokol Kwarcab Purbalingga, Kak Ety Tri Setyowati menjelaskan, para Pramuka Garuda terlantik ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Ketua Kwarcab Kabupaten Purbalingga Nomor : 24 Tahun 2020, Tentang Penetapan Pramuka Siaga Garuda, Penggalang Garuda Dan Penegak Garuda Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Purbalingga.

“Bahwa untuk memberikan penghargaan kepada anggota Gerakan Pramuka yang telah menyelesaikan Syarat-Syarat Pramuka Garuda Siaga, Pramuka Garuda Penggalang dan Pramuka Garuda Penegak maka perlu diselenggarakan Pengukuhan,” katanya.

Selain dihadiri oleh Pramuka Garuda, acara pelantikan ini juga dihadiri para Ketua Kwartir Ranting (Kwarran), Ketua Gugus depan, Pembina, Wakil ketua bidang beserta Andalan di Kwarcab Purbalingga.

yudhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kwarda Jateng Gelar Kursus Pengelola Gugus Depan di Kwarcab Purbalingga

Wed Nov 11 , 2020
Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah menyelenggarakan Kursus Pengelola Gugus Depan (KPGD) di Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua (Kwarcab) Purbalingga, Kak Subeno akan dilaksanakan mulai Rabu (11 November 2020) hingga Sabtu (14 November 2020), dan diikuti oleh 70 Pembina dari 35 Gugus Depan (Gudep) SD/ […]