Keren, Asyraaf Pramuka Siaga Kwarcab Purbalingga, Raih Juara 1 Pramuka Garuda Berprestasi Tingkat Kwarda Jawa Tengah 2020

Asyraaf Aldaiva Satriya Dharmajoyo, anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga berhasil meraih juara 1 dalam Pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi (Eagle Scout Award) Tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah 2020 untuk golongan Pramuka Siaga Putra.

Dalam kegiatan yang dilakukan secara dalam jaringan (daring) ini, Sabtu (24 Oktober 2020), Asyraaf yang merupakan siswa Klas V SD Negeri 1 Purbalingga Lor berhasil mengumpulkan total nilai 1541 dan menyisihkan perwakilan dari Kwarcab Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purworejo.

Waka Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Kwarcab Purbalingga, Sutarko menuturkan, Pramuka Garuda merupakan sebutan bagi anggota pramuka yang telah menyelesaikan tingkat kecakapan tertinggi pada jenjang golongan masing-masing. Pramuka Garuda adalah seorang pramuka yang dapat menjadi teladan serta telah memenuhi Syarat Pramuka Garuda dan memiliki Tanda Pramuka Garuda.

“Kecakapan pramuka siaga terdiri atas Kecakapan Umum, Kecakapan Khusus, dan Pramuka Garuda. Kecakapan Umumnya ditempuh dengan menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) yang terdiri atas tiga tingkatan yaitu Siaga Mula, Siaga Tata, dan Siaga Bantu,” ungkap Sutarko kepada media siber lintas24.com, Sabtu (7 November 2020).

Ia menambahkan, pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi bertujuan memberikan penghargaan kepada Pamuka atas prestasi dan kesungguhan menjadi teladan yang telah dilakukan selama menjadi anggota Pramuka.

“Saya berharap kepada Asyraaf, dengan diraihnya prestasi yang membanggakan ini dapat menjadi teladan teman-temannya, dan kedepan dapat terus berprestasi ketika sudah menjadi Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega. Saya sampaikan apresiasi juga untuk Kakak-kakak  Andalan Cabang Urusan Siaga Putra dan Putri, serta bina damping gugus depan,” ungkapnya

Andalan Cabang Urusan Siaga Putra, M.Asifudin mengungkapkan, untuk menjadi Pramuka Garuda harus menguasai pengetahuan kepramukaan, ketrampilan pramuka, hingga portofolio yang menjadi syarat Pramuka Garuda.

“Saat seleksi kemarin, mental Asyraaf sangat baik, dia dapat percaya diri dan tenang dalam mengikuti wawancara secara daring. Dia juga sudah menguasai dan mampu menjalankan program computer seperti MS Word, MS Exel dan MS PowerPoint. Kami berharap,  Asyraaf dapat menjadi generasi teladan masa kini dan masa depan,” ungkapnya,

Andalan Cabang Urusan Siaga Putra, Purwono juga berharap Pramuka Siaga Garuda dapat menjadi figur Pramuka yang dapat menjadi dan dijadikan contoh atau teladan bagi pramuka khususnya dan generasi muda pada umumnya.

”Tidak hanya prestasi, Pramuka Siaga Garuda juga harus menjadi generasi yang berani bersaing, pantang menyerah dan mencintai sesame dan dapat menjadi teladan, baik itu di lingkungan keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat,” pesannya

Sebelum menjadi peserta pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi Tingkat Kwarda Jawa Tengah 2020 untuk golongan Pramuka Siaga Putra, Asyraaf anak pasangan suami istri Wahyu Hidayat dan Irma Novita Sari ini telah mengikuti seleksi tingkat Kwarcab Purbalingga. Seleksi dilakukan dari beberapa tingkatan, dan dia berhak mengikuti dalam Pemilihan Garuda Berprestasi jenjang lebih atas.

 

yudhi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pengurus Antar Waktu DKR Bobotsari Kwarcab Purbalingga Dilantik

Sun Nov 8 , 2020
Enam Pramuka Penegak dan Pandega dilantik menjadi antar waktu pengurus Dewan Kerja Ranting (DKR) Kwartir Ranting (Kwarran) Bobotsari. Pelantikan dipimpin Wakil Ketua Kwarran Bobotsari Bidang Binamuda, Kak H. Hernani S.Pd., MM, di Sanggar Kwarran Bobotsari, Minggu (08 November 2020). “6 orang terlantik melengkapi kekurangan pengurus DKR, karena banyak anggota DKR […]