Kwaran Kalimanah Purbalingga Gelar Kursus Orientasi Singkat Mabigus dan Mabisa

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Kalimanah, Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Kursus Orientasi Singkat (KOS).

Kegiatan yang mengusung tema “Melalui Kursus Orientasi Singkat, Kwarran XI.03 Kalimanah, Kita Kembali ke Jati Diri Gerakan Pramuka”  diikuti Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan Majelis Pembimbing Desa (Mabisa).

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Purbalingga, Subeno mengungkapkan, Pramuka merupakan pendidikan karakter terbaik. Jika pramuka telah membumi, maka akan muncul generasi yang lebih baik dan lebih berkarakter.

“Untuk dapat menciptakan generasi yang handal, serta cakap dalam menghadapi setiap tantangan zaman, maka setiap pembina harus mempunyai pandangan dan wawasan yang luas. Selain itu pramuka juga harus mampu berevolusi untuk dapat beradaptasi dengan kemajuan zaman,” kata Subeno dalam pembukaan KOS di Pendopo Perwira Kecamatan Kalimanah, Rabu (28 Oktober 2020).

Subeno  juga mengapresiasi kegiatan KOS yang jmelibatkan para Mabisa di wilayah Kecamatan Kalimanah. Ia berharap, dengan mengikuti KOS, maka harapannya pemahaman tentang fungsi Mabisa  akan meningkat, sehingga akan berdampak pada peningkatan pembinaan Pramuka di Desa dan Kelurahan.

“Pramuka bukan hanya milik Gugus Depan. Pramuka juga milik Desa dan Kelurahan. Artinya, seluruh lapisan masyarakat harus tahu apa itu Pramuka, apa manfaatnya .Harapannya,  keberadaan Pramuka bisa membantu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Purbalingga.

Ketua Kwarran Kalimanah  Slamet Widodo melalui Andalan Ranting Urusan Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa), Istiati Fauzi menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 92 tahun 2020. Pesertanya terdiri dari Kamabigus SD sebanyak 23 orang, MI sebanyak 10 orang, SMP  sebanyak 3 orang, MTs sebanyak 1 orang, SMA sebanyak 1 orang, SMK sebanyak  4 orang dan Kamabisa sebanyak 17 orang.

“Untuk tahun 2020 ini, kami mengundang para Mabisa. Hadir 17 Kepala Desa/Lurah yang ada di Kecamatan Kalimanah,” ungkap Istiati Fauzi  yang juga Pelatih dan Andalan Cabang Urusan Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) Kwarcab Purbalingga.

Ia berharap, dengan terselenggaranya KOS ini, para Mabigus dan Mabisa dapat bersinergi mendukung pelaksanaan program  kegiatan Kwarran Kalimanah, khususnya dalam menyiapkan generasi muda penerus bangsa agar kedepannya lebih baik.

“Sinergitas Kwarran, Mabigus dan Mabisa dalam pembinaan Pramuka diharapkan mampu menjadi benteng bagi generasi muda dalam pemahaman manfaat Pramuka dan memperkaya wawasan kebangsaan,” ungkapnya

Dalam kegaiatan yang tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 diberikan berbagai materi, diantaranya; Orientasi  Kursus dan Dinamika Kelompok/Kontrak Belajar oleh Pusdiklatcab; Fundamental Gerakan Pramuka oleh Sasno,  Sekretaris Cabang; Peran, Tugas dan Fungsi Pembimbing oleh Ali Sudarmo, Wakil  Ketua Bidang Organisasi dan Hukum.

Gudep Mantap oleh  Anar Wahyono, Wakil Ketua Bidang Binawasa; Pramuka Garuda oleh Hartoyo, Ka Pusdiklatcab serta materi Musyawarah Gugus (Mugus) dan Simulasinya oleh Anto Kuswoyo, Andalan Cabang Binawasa Putra.

ginanjar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pramuka Peduli Purbalingga Gelar Simulasi Pertolongan Bencana 

Sat Oct 31 , 2020
Tiga orang dikabarkan menjadi korban tanah longsor di perbukitan Desa Karangbanjar Kecamatan Kutasari Purbalingga. Perkiraan keberadaan korban terpisah tidak dalam satu lokasi, tetapi tidak tertimbun tanah. Korban juga diperkirakan mengalami luka robek di kepala dan Patah tulang atau fraktur pada kaki. Untuk menuju titik itu harus melalui medan terjal. Hanya […]

You May Like