Ini Pengertian Kwarcab dan Tugas Fungsi Pokoknya

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga, Kak Subeno

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka disingkat Kwarcab adalah lembaga kepemimpinan kolektif di tingkat Kabupaten/Kota yang diketuai seorang ketua, yang dalam menjalankan tugas dan kewajibannya bertanggungjawab kepada Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka.

TUGAS POKOK, FUNGSI

TUGAS POKOK

Kwarcab mempunyai tugas pokok memimpin dan mengendalikan organisasi dan kegiatan Gerakan Pramuka di wilayah kabupaten/kota, dengan tugas dan tanggungjawab sebagai berikut:

  1. Memimpin Gerakan Pramuka di wilayah Cabang.
  2. Melaksanakan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Keputusan Musyawarah Nasional, Keputusan Kwarnas, Keputusan Musyawarah Daerah, Keputusan Kwartir Daerah, Keputusan Musyawarah Cabang dan Keputusan Kwarcab.
  3. Membina dan membantu kwartir ranting termasuk pembinaan gugusdepan dan satuan karya pramuka di wilayahnya.
  4. Mengadakan hubungan dan kerjasama dengan Majelis Pembimbing Cabang.
  5. Mengadakan hubungan dan kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, dan organisasi masyarakat di tingkat kabupaten/kota yang sejalan dengan tujuan Gerakan Pramuka dan melaporkan pelaksanaannya kepada Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab).
  6. Menyampaikan laporan mengenai perkembangan Gerakan Pramuka di wilayahnya kepada Kwartir Daerah dan menyampaikan tembusannya kepada Kwartir Nasional.
  7. Menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Kwarcab kepada MusyawarahCabang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  8. Membuat laporan tahunan termasuk laporan keuangan untuk disampaikan kepada Mabicab dan Rapat Kerja Cabang.
  9. Mengkomunikasikan misi dan program Gerakan Pramuka di wilayahnya kepada masyarakat melalui media informasi.
  10. Mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan yang bersifat pengabdian masyarakat. Dalam melaksanakan tugasnya kwarcab bertanggungjawab kepada Musyawarah Cabang.

FUNGSI

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut kwarcab berfungsi sebagai penanggungjawab penyelenggaraan manajemen kegiatan, baik operasional maupun administratif di tingkatkwarcab, yang meliputi:

  1. Penyusunan perencanaan dan pengelolaan sumber daya informasi, perumusan kebijakan dan pelaporan kegiatan.
  2. Pengembangan dan pembinaan pendidikan kepramukaan bagi anggota muda dan anggota dewasa.
  3. Pengelolaan kegiatan kepramukaan bagi anggota muda dan anggota dewasa termasuk peran serta dalam pembangunan masyarakat.
  4. Pengelolaan personil, logistik, keuangan, usaha dana dan aset milik kwarcab serta pembinaan organisasi.
  5. Pengelolaan hubungan dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.Pengawas dan peneliti terhadap efisiensi serta efektivitas pelaksanaan perencanaan dan program kegiatan Gerakan Pramuka serta perbendaharaan.

ginanjar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga Berikan Masker Gratis dalam Aksi Serentak Pramuka Jateng Berbagi Masker

Thu Oct 1 , 2020
Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) melibatkan Kwartir Ranting (Kwarran) di Kabupaten Purbalingga membagikan masker kepada masyarakat di Kabupaten Purbalingga. Masker ini merupakan bantuan dari Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Jawa Tengah yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ketua Kwarcab Purbalingga Subeno melalui Sekretaris Bidang Humas dan Protokol,  Ety Tri […]