Bidang Humas Kwarcab Purbalingga Tergiat Satu di Papan Utama Lomba Kwarcab 2020

Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga memperoleh prestasi peringkat terbaik satu papan utama tahun 2020.

Selain Bidang Humas, dalam lomba Kwartir Cabang (Kwarcab) yang diselenggarakan Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah, Bidang Binamuda, Bidang Organisasi dan Hukum serta Bidang Abdimas juga menduduki terbaik tiga.

“Prestasi Kakak-kakak di Bidang Humas sangat memuaskan. Disusul Kakak-kakak di Bidang Binamuda, Organisasi dan Hukum serta Abdimas yang menduduki terbaik tiga Lomba Kwarcab 2020,” ungkap Ketua Kwarcab Purbalingga, Subeno, Rabu (17 Februari 2021)

Kak Subeno menuturkan, prestasi yang diraih ini merupakan bukti Bidang Humas menjadi garda terdepan dalam berkegiatan menyampaikan informasi secara massif kepada masyarakat.

“Selama pandemic Covid-19, semua bidang melaksanakan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 termasuk dukungan kegiatan dari Kakak-kakak di Bidang Abdimas saat terjadinya bencana alam. Bidang Humas merekam dan memberitakan semua kegiatan itu secara rutin,” katanya.

Subeno menuturkan, dari enam bidang yang ada di Kwarcab Purbalingga, ada dua bidang yakni Bidang Sarana Prasarana Keuangan dan Bidang Binawasa yang belum dapat mendapatkan peringkat. Namun demikian, semua kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kedua bidang itu sudah memuaskan.

“Ada dua bidang yang belum masuk peringkat, hal tersebut disebabkan adanya perubahan kegiatan tatap muka selama pandemic Covid-19. Bidang Binawasa semuanya dilakukan dengan daring. Untuk Bidang Sarana Prasarana Keuangan sebenarnya sudah menjalankan terobosan program “Satu Bidang Satu Rekening Bank”. Artinya, semua pemasukan dan pengeluaran keuangan harus dibukukan secara tepat sesuai peruntukannya,” ungkapnya

Sekretaris Bidang Humas dan Protokol, Eti Tri Setyowati menambahkan, prestasi ini harus dijadikan cambuk untuk meningkatkan kualitas kinerja di Bidang Humas dan Protokol ditahun 2021.

“Sinergitas dan komunikasi yang positif dengan Kakak-kakak Andalan dari semua bidang menjadi asupan nafas semangat kami. Prestasi ini juga tak bisa dilepaskan dari peran kakak-kakak Wartawan di Purbalingga yang selalu memompa kreatifitas kami dalam mewartakan semua kegiatan Kepramukaan di Kwarcab Purbalingga,” ungkapnya.

Untuk diketahui, di papan utama Bidang Humas Kwarcab Kabupaten Purbalingga menduduki peringkat satu disusul Kwarcab Kabupaten Banyumas dan Kwarcab Kabupaten Tegal. Di Bidang Binamuda, peringkat satu ditempati Kwarcab Kabupaten Banyumas, Kwarcab Kabupaten Grobogan dan Kwarcab Kabupaten Purbalingga. Bidang Organisasi dan Hukum, Kwarcab Kabupaten Banyumas perigkat satu, disusul Kwarcab Kabupaten Tegal dan Kwarcab Kabupaten Purbalingga.

Untuk Bidang Abdimas, Kwarcab Kabupaten Banyumas peringkat satu, Kwarcab Kabupaten Cilacap dan Kwarcab Kabupaten Purbalingga diperingkat dua dan tiga. Bidang Keuangan Sarana dan Prasarana, peringkat satu, dua dan tiga masing-masing ditempati Kwarcab Kabupaten Banyumas, Kwarcab Kabupaten Purworejo dan Kwarcab Kabupaten Tegal. Bidang Binawasa, Kwarcab Kabupaten Banyumas peringkat satu, dan Kwarcab Kabupaten Cilacap, Kwarcab Kabupaten Purworejo dan Kwarcab Kabupaten Tegal diperingkat dua dan tiga

Ginanjar Noviono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Satgas Pramuli Kwarran Karangjambu Terbentuk

Sat Feb 20 , 2021
Anggota Pramuka wajib menumbuhkembangkan kesetiakawanan sosial. Selain itu, anggota Pramuka harus mau dan mampu mengembangkan potensi, baik sebagai pribadi, dan anggota masyarakat. “Anggota Pramuka harus tetap semangat terus menumbuhkan jiwa pramuka dan siap sedia,” ungkap Ketua Pelatihan Dasar, Kak Shoibul usai Pelatihan Dasar (Ditsar) Pramuka Peduli (Pramuli) di aula SD […]